Perancangan sistem pakar

3. ANALISIS DAN IMPLEMENTASI

3.1       Analisa sistem pakar

Dalam mengembangkan sistem pakar ini diperlukan pengetahuan dan informasi yang diperoleh dari beberapa sumber, yaitu dari para pakar, serta buku tentang penyakit demam berdarah yang ada. Seorang pakar adalah seorang yang ahli dalam bidang tertentu dan mempunyai pengetahuan atau keahlian khusus yang tidak dikuasai dan dimiliki oleh kebanyakan orang sehingga dapat memecahkan permasalahan dengan cara yang lebih efisien. Oleh karena itu ruang lingkup ruang lingkup pembahasan penyakit demam berdarah tidak akan menyimpang dari pengetahuan dari para pakar.

Dalam pendiagnosaan berbagai penyakit demam berdarah, seorang dokter (seorang pakar) harus memahami dengan baik pengenalan dan ciri dari penyakit demam berdarah tersebut, sehingga dapat menyimpulkan suatu kesimpulan yang akurat serta dapat menyimpulkan suatu kesimpulan yang akurat serta dapat menentukan cara untuk mengobati penyakit demam berdarah yang diderita pasien. Tidak semua penyakit dapat disimpulkan sebagai alat bantu dalam mendiagnosa gejala awal demam berdarah.

Dari beberapa keunggulan sistem pakar online maka user mungkin saja ingin mengetahui bagaimana kesehatan yang terdapat dalam dirinya, dengan memperkirakan gejala-gejala dari penyakit tersebut sebagai rujukan sebelum user pergi berobat ke dokter yang sebenarnya.

3.2       Perancangan Basis Data

Dalam perancangan data ini digunakan mysql dan phpmyadmin sebagai pengaturan basis datanya. Hanya terdapat 2 buah tabel, tabel data yang digunakan untuk menyimpan pertanyaan dan tabel admin untuk pengaturan hak akses aplikasi, berikut adalah keterangan tabel lebih lanjut :

Tabel 3.1 Data

Nama field Tipe data Keterangan
Id INT (2) Digunakan untuk menentukan nomor urut pertanyaan yang nantinya akan berhubungan dengan jawaban yang dipilih oleh user
pertanyaan TEXT Berisi tentang pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan gejala penyakit yang ada untuk dapat diambil kesimpulan
ifyes INT(1) nilai yang diberikan jika user menjawab ‘ya’
ifno INT(1) Nilai yang diberikan jika user menjawab ‘tidak’

Keterangan

Pada tabel 3.1 yang bernama tabel data berisi tentang pertanyaan yang diberikan kepada user dan merupakan inti dari aplikasi ini, jawaban yang dipilih user akan diambil kesimpulan penyakit apa yang diderita user dari gejala-gejala yang ada.

Tabel 3.2 admin

Nama field Tipe data Keterangan
id INT Berisi tentang nomor identitas yang digunakan untuk mengenali administrator
Username Varchar(30) Nama yang digunakan oleh user untuk masuk ke dalam sistem.
password Varchar(6) Menyimpan password ang dimiliki admin sebagai bentuk pengamanan data.

Keterangan :

Tabel 3.2 merupakan tabel identitas administrator, administrator sendiri bertugas mengupdate pertanyaan yang akan digunakan.

3.3       Perancangan pertanyaan sistem pakar berbasis web :

No. Pertanyaan IfYes ifNo
1. Apakah anda mengalami demam yang tinggi > 38 derajat celcius,lebih dari 3 hari? 2 2
2. Apakah anda mengalami mual sampai muntah? 3 3
3. Apakah anda mengalami nyeri sendi dan nyeri otot? 4 5
4. Apakah anda mengalami nyeri pada kepala serta pusing? 5 5
5. Apakah ada bentuk pendarahan dikelopak mata bagian dalam dan mengelami mimisan? 6 7
6. Apakah anda mengalami diare? 8 7
7. Apakah bagian ulu hati anda terasa sakit? 9 8
8. Apakah wajah anda menjadi kemerahan ? 9 9
9. Apakah badan anda muncul berca merah? 10 10
10. Apakah badan anda menggigil ? 11 12
11. Anda terkena penyakit Thypoid atau biasa dikenal dengan nama tipes, segeralah periksa ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. terima kasih 0 0
12. Anda terkena penyakit Demam Berdarah Dangue, segeralah pergi ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. terima kasih 0 0

Keterangan :

Pada pertanyaan pertama jika jawaban yang dipilih user adalah yes/no maka akan lanjut ke pertanyaan ke-2 sesuai dengan id number pertanyaan. Jawaban yang diberikan akan disamakan dengan nomor id pertanyaan.

3.5       Perancangan tampilan

Dalam membuat perancangan antar muka website menggunakan software macromedia dreamweaver untuk lebih memudahkan proses mendesain template web, dalam website ini hanya beberapa halaman saja, yaitu halaman tampilan awal, halaman menu pilihan, halaman form login, serta halaman edit data, berikut keterangan lebih lanjut :

  • Tampilan awal

Gambar 3.1 tampilan awal

Jika user meng-klik tombol menu makan akan berlanjut ke halaman hom.php.

  • Tampilan hom.php
Berisi ucapan selamat datang
Pengguna
Admin

Gambar 3.2 Tampilan halaman hom.php

Dalam halam ini terdapat dua buah menu yaitu menu pengguna yang akan menampilkan halaman tanya.php yang berisi pertanyaan-pertanyaan gejala penyakit. Kemudian menu admin akan menampilkan halaman form login, jika admin berhasil mengisi username dan password dengan benar maka akan tampil halaman haladmin.php

  • Tampilan form login
Password
Username
LOGIN

Gambar 3.3 Tampilan Form login

  • Tampilan Halaman haladmin.php
Tabel data pertanyaan
Id
Pertanyaan
ifyes
ifno
SUBMIT

Gambar 3.4 Tampilan haadmin.php

Satu pemikiran pada “Perancangan sistem pakar

Tinggalkan komentar